Kuliah Reguler Siang (Program Kelas Reguler) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bustanul Ulum Lampung - STIT Bustanul Ulum (waktu kuliah fleksibel & bisa dipilih ➜ pagi atau sore / malam) |
Jurusan dan kekhususan / konsentrasi di STIT Bustanul Ulum beserta kurikulumnya (matakuliah wajib, pilihan, bobot SKS) dapat dilihat seperti berikut ini. ▰ Program Studi
| S1 Tarbiyah / Pendidikan Agama Islam | S1 PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) | S1 Pendidikan Bahasa Arab |
|
Beban Kredit & Masa Perkuliahan Beban studi dan masa studi yang harus ditempuh mahasiswa program reguler maupun perkuliahan karyawan, mengikuti standar yang sudah ditetapkan pemerintah, yaitu : Permendikbudristek Nomor 53 Th 2023 (silakan klik) tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
| | Untuk | Beban Studi (SKS yang ditempuh) | Masa Studi | Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke S1 | Beban Studi = 144 - 152 sks | 8 semester | Lulusan D2, S1, D1, Pindahan melanjutkan ke S1 | Dihitung dari sisa sks | Dihitung sisa sks |
|
Kurikulum Program Studi/Jurusan(Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Pilihan) | Mata Kuliah S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) | * = Mata Kuliah Pilihan Khusus / Pilihan Umum
| Mata Kuliah | SKS | | Administrasi Pendidikan | 2 | | Akhlaq | 2 | | Analisis dan Desain Pelatihan * | 2 | | Analisis Materi Pendidikan Agama Islam I | 2 | | Analisis Materi Pendidikan Agama Islam II | 2 | | Analisis Materi Pendidikan Agama Islam III | 2 | | Analisis Materi Pendidikan Agama Islam IV | 2 | | Aplikasi Komputer * | 2 | | Aqidah | 2 | | Bahasa Arab I (+ Prakt) | 2 | | Bahasa Arab II (+ Prakt) | 2 | | Bahasa Arab III (+ Prakt) | 2 | | Bahasa Arab IV (+ Prakt) * | 2 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Bahasa Inggris I | 2 | | Bahasa Inggris II | 2 | | Bahasa Inggris III | 2 | | Bahasa Inggris IV * | 2 | | Bimbingan dan Konseling | 2 | | Dasar-dasar Kependidikan | 2 | | Desain Grafis * | 2 | | Desain Web * | 2 | | Etika Bisnis Islam * | 2 | | Etika Profesi | 2 | | Filsafat Ilmu * | 2 | | Filsafat Pendidikan Islam | 2 | | Filsafat Umum * | 2 | | Fiqh I | 2 | | Fiqh II | 2 | | Fiqh Kontemporer * | 2 | | Fiqh Sosial * | 3 | | Hadis I (+ Prakt) | 2 | | Hadits II (+ Prakt) | 2 | | Hadits Tarbawi * | 4 | | Ilmu Alamiah dasar | 2 | | Ilmu Belajar Jiwa * | 2 | | Ilmu Dakwah * | 2 | | Ilmu Kalam * | 2 | | Ilmu Kalam Lanjut * | 2 | | Ilmu Pendidikan Islam | 2 | | Ilmu Sosial dan Budaya Dasar | 2 | | Ilmu Tasawuf I * | 2 | | Ilmu Tasawuf II * | 2 | | Islam di Indonesia * | 2 | | Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam | 2 | | Keterampilan Dasar Mengajar (+ Prakt) | 3 | | Komputer Dasar | 2 | | Komputer untuk Studi Islam | 2 | | Kuliah Kerja Nyata (+ Prakt) | 3 | | Leadership * | 2 | | Manajemen Pendidikan Islam | 2 | | Masail Fiqhiyah * | 2 | | Materi Pendidikan Agama Islam * | 3 | | Media Pembelajaran (+ Prakt) * | 3 | | Media Pembelajaran Lanjut (+ Prakt) * | 3 | | Metode dan Evaluasi Pelatihan * | 2 | | Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam I (+ Prakt) | 2 | | Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam II (+ Prakt) | 2 | | Metodologi Penelitian | 2 | | Metodologi Studi Islam | 2 |
| | Mata Kuliah | SKS | | Micro Teaching | 2 | | Pemikiran Islam | 4 | | Pendidikan Akhlaq | 4 | | Pendidikan Al-Hadits | 4 | | Pendidikan Al-Quran | 4 | | Pendidikan Aqidah | 4 | | Pendidikan Fiqh | 4 | | Pendidikan Islam Luar Sekolah * | 2 | | Pendidikan Jurnalistik * | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Pendidikan Sejarah Peradaban Islam * | 4 | | Penelitian Kependidikan | 2 | | Penelitian Sosial Budaya Agama * | 2 | | Pengantar Ilmu Agama * | 2 | | Pengantar Ilmu Tafsir * | 3 | | Pengantar Studi Agama * | 3 | | Pengembangan Evaluasi Pendidikan * | 2 | | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam * | 3 | | Pengembangan Media dan Sumber Belajar | 2 | | Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (+ Prakt) * | 3 | | Penyiaran Agama * | 2 | | Penyusunan Buku Ajar | 2 | | Perbandingan Pendidikan * | 2 | | Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (+ Prakt) | 3 | | Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam | 2 | | Praktik Pengalaman Lapangan / Praktek Mengajar (+ Prakt) | 4 | | Psikologi Agama Islam * | 2 | | Psikologi Belajar * | 2 | | Psikologi Pendidikan | 2 | | Psikologi Perkembangan * | 2 | | Psikologi Umum | 2 | | Qawaid Fiqhiyah * | 2 | | Qiraatul Kutub * | 2 | | Retorika Dakwah * | 2 | | Sejarah Pendidikan Islam | 2 | | Sejarah Peradaban Islam | 2 | | Seminar Pendidikan Agama Islam | 2 | | Sirah Nabawiyah * | 2 | | Skripsi | 6 | | Sosiologi Agama | 2 | | Sosiologi Masyarakat Islam * | 2 | | Sosiologi Pendidikan Islam * | 2 | | Spritual Conseling * | 2 | | Statistika Pendidikan (+ Prakt) | 2 | | Strategi Belajar Mengajar * | 2 | | Studi Agama-agama * | 2 | | Studi Islam * | 2 | | Studi Islam Lanjut * | 2 | | Studi Kemuhammadiyahan | 2 | | Supervisi Pendidikan * | 2 | | Tafsir I * | 2 | | Tafsir II (+ Prakt) * | 3 | | Tafsir Tarbawi | 4 | | Tauhid * | 2 | | Teknologi Informasi * | 2 | | Teori-teori Pendidikan * | 2 | | Ulumul Hadits | 2 | | Ulumul Quran | 2 | | Ushul Fiqh | 2 | | Varian Islam di Indonesia * | 2 |
| |
| Mata Kuliah S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | * = Mata Kuliah Pilihan / Konsentrasi
| Mata Kuliah | SKS | | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | | Filsafat Umum | 2 | | Bahasa Arab – 1 | 2 | | Bahasa Arab – 2 | 2 | | Bahasa Inggris – 1 | 2 | | Bahasa Inggris – 2 | 2 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Metodologi Studi Islam | 2 | | Sejarah Kebudayaan Islam | 2 | | Fiqih | 2 | | Ulumul Qur’an | 2 | | Ulumul Hadits | 2 | | Akhlak Tasawuf | 2 | | Kuliah Kerja Nyata | 4 | | Skripsi | 6 | | Psikologi Umum | 2 | | Perkembangan Peserta didik | 2 | | Landasan Pendidikan | 2 | | Belajar dan Pembelajaran | 2 | | Manajemen Pendidikan | 2 | | Penelitian Tindakan kelas | 2 | | Bimbingan Konseling | 2 | | Komunikasi Pendidikan | 2 | | Profesi Keguruan | 2 | | Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) | 4 | | Aqidah Akhlaq MI | 2 | | Pembelajaran Aqidah Akhlaq MI | 2 | | Al-Qur’an Hadits MI | 2 | | Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI | 2 | | Fiqih MI | 2 | | Pembelajaran Fiqih MI | 2 | | Sejarah Kebudayaan Islam MI | 2 | | Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MI | 2 | | Metode Pembelajaran | 2 | | Bahasa Indonesia MI – 1 | 2 | | Bahasa Indonesia MI – 2 | 2 | | Pembelajaran Bahasa Indonesia MI | 2 | | MatematikaMI-1 | 2 | | MatematikaMI-2 | 2 |
| | Mata Kuliah | SKS | | Pembelajaran Matematika MI | 2 | | Sains MI-1 | 2 | | Sains MI-2 | 2 | | Pembelajaran Sains MI | 2 | | Ilmu Pengetahuan Sosial MI-1 | 2 | | Ilmu Pengetahuan Sosial MI-2 | 2 | | Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial MI | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan MI- 1 | 2 | | Pendidikan Kewarganegaraan MI- 2 | 2 | | Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan MI | 2 | | Bahasa Arab MI | 2 | | Pembelajaran Bahasa Arab MI | 2 | | Pembelajaran Tematik | 2 | | Seni Budaya dan Keterampilan MI | 2 | | Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan MI | 2 | | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan MI | 2 | | Pembelajaran Penjaskes MI | 2 | | Bahasa Jawa MI | 2 | | Pembelajaran Bahasa Jawa MI | 2 | | Bahasa Inggris MI | 2 | | Pembelajaran Bahasa Inggris MI | 2 | | Perencanaan Pembelajaran | 2 | | Pengembangan Kurikulum MI | 2 | | Evaluasi Pembelajaran | 2 | | Sumber dan Media Pembelajaran | 2 | | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) MI | 2 | | Pembelajaran TIK MI | 2 | | Metodologi Penelitian Pendidikan | 2 | | Seminar Proposal | 2 | | Ilmu Dakwah* | 2 | | Metode Dakwah* | 2 | | Media Dakwah* | 2 | | Menejemen Dakwah* | 2 | | Psikologi Dakwah* | 2 | | Bisnis dan Kewirausahaan Islam* | 2 | | Manajemen Syari’ah* | 2 | | Akuntansi Syari’ah* | 2 | | Operasionalisasi Lembaga Ekonomi Umat* | 2 | | Strategi Pengusaha Sukses* | 2 |
| |
| Mata Kuliah S1 Pendidikan Bahasa Arab | * = Mata Kuliah Konsentrasi / Kekhususan / Pilihan
| Mata Kuliah | SKS | | Akhlak- Tasawuf | 2 | | Bahasa Indonesia | 2 | | Bahasa Inggris | 2 | | Filsafat Ilmu | 2 | | Kewarganegaraan | 2 | | Pancasila | 2 | | Pengantar Studi Islam | 2 | | Tauhid | 2 | | Ushul Fiqh/Fiqh | 4 | | Al-Qur'an/Al-Hadits | 2 | | Logika | 4 | | Filsafat Pendidikan Islam | 4 | | Ilmu Pendidikan Islam | 4 | | Sharf | 4 | | Statistik Pendidikan | 6 | | Nahwu | 2 | | Logika | 4 | | Filsafat Pendidikan Islam | 4 | | Ilmu Pendidikan Islam | 4 | | Sharf | 4 | | Statistik Pendidikan | 6 | | Nahwu | 2 | | Bimbingan Konseling | |
| | Mata Kuliah | SKS | | Psikologi Pendidikan | 4 | | Evaluasi Pembelajaran | 4 | | Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab | 6 | | Al-Tarjamah Al-Tahririyah | 2 | | Manajemen Pendidikan | 4 | | English For Special Purpose | 0 | | Magang 1 | 2 | | Media Pembelajaran Bahasa Arab | 4 | | Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab | 6 | | Model dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab | 6 | | Pengembangan dan Penulisan Bahan Ajar | 2 | | Nushush Al-Adab Al-Araby | 2 | | Sosiolinguistik | 2 | | Magang 2 | 4 | | Sejarah Kebudayaan Islam dan Budaya Lokal | 4 | | Seminar Bahasa Arab | 6 | | Metode Penelitian | 4 | | Al-Arabiyyah Lil Al-Aghradh Al-Khoshoh | 4 | | Al-Tarjamah Al-Fauriyyah | 4 | | Kuliah Kerja Nyata | 4 | | Magang 3 | 6 | | Skripsi | |
| |
|
|
| |
|